Our social:

Royal

Tidak jauh dari alun-alun kota Serang terdapat sebuah blok kawasan yang di sebut Royal, Royal merupakan kawasan tempat belanja di daerah Serang, seperti halnya dijalan cihampelas Bandung, Royal merupakan shopping point masyarakat Serang dan sekitarnya, mengingat di daerah ini terdapat beberapa Mall dan pusat perbelanjaan, semisal, Ramayana, Roberta, Borobudur, toko-toko yang menjual berbagai macam busana, pedagang-pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis pakaian juga counter-counter Handphone.
Disinipun terdapat tempat makanan mulai warung kaki lima sampai sejenis cafe terdapat disini.

Namun apabila dibandingkan dengan Cihampelas Bandung, royal masih tertinggal lumayan jauh karena masih kurang rapinya tata kota dan penataan toko yang biasa, bandingkan dengan toko yang ada di cihampelas, juga barang-barang yang dijual masih terkesan standard sehingga tidak bisa menarik masyrakart luar Serang untuk mengunjungi daerah ini untuk tujuan wisata, khususnya wisata belanja dan wisata kuliner.

Sebenarnya banyak sumber daya dan kekayaan alam masyarakat setempat yang dapat di eksplorasi.
sebagai contoh kerajinan gerabah dari desa ciruas. kerajinan anyaman khas baduy.
Atau masakan/ makanan khas Serang semacam Sate Bandeng, atau ketan Petel makanan yang biasa ada pada bulan Ramadhan.

Sekarang terus terang saya tidak tau apa makanan khas kota Serang yang terkenal, seperti halnya peyeum / tape khas Bandung, talas dan asinan khas Bogor.

Mungkin perlu sosialisasi dari pemerintah setempat khususnya oleh gubernur Banten untuk dapat memajukan daerah Banten dengan membuat dan mengenalkan ikon-ikon Banten khususnya Kota Serang dan sekitarnya dengan harapan dimasa yang akan datang Serang dapat disejajarkan dengan daerah-daerah lain dan menjadi tujuan wisata yang bertanggung jawab dengan tetap menjaga kebudayaan lokal dan menjaga agar tetap menjadi wilayah yang agamis. Semoga..

Advertisment