silahkan copy paste isi blog ini dengan syarat menyertakan sumber dan link ke blog ini, terima kasih.

Jawara Banten

Jawara dikenal sebagai seorang yang memiliki keunggulan dalam fisik dan kekuatan-kekuatan untuk memanipulasi kekuatan supranatural (magic), seperti penggunaan jimat, kekebalan tubuh dan sebagainya sehingga ia disegani oleh masyarakat. Sosok seorang jawara memiliki karakter yang khas. Ia cukup terkenal dengan seragam hitamnya dan kecenderungan terhadap penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan persoalan. Karena itu, bagi sebagian masyarakat, jawara dipandang sebagai sosok yang memiliki keberanian, agresif, sompral (tutur kata yang keras dan terkesan sombong), terbuka (blak-blakan) dengan bersenjatakan golok, untuk menunjukan bahwa ia memiliki kekuatan fisik dan supranatural.

Kepala jawara memiliki padepokan sebagai tempat pengemblengan “anak buah”. Para jawara pun memiliki jaringan yang melewati batas-batas geografis daerah tempat tinggalnya.

jawara merupakan sumber kepemimpinan tradisional informal, terutama masyarakat pedesaan. Dalam masyarakat yang masih tradisional, sumber-sumber kewibawaan pemimpin terletak pada: (1) pengetahuan (baik tentang agama dan masalah keduniawian/sekuler atau kedua-duanya), (2), kesaktian, (3), keturunan dan (4) sifat-sifat pribadi.


Sementara itu, peranan sosial jawara adalah lebih cenderung kepada pengolahan kekuatan fisik dan “batin,” sehingga dalam masyarakat Banten peran-peran tradisional yang sering dimainkan para jawara adalah menjadi jaro (kepala desa atau lurah), guru ilmu silat dan ilmu “batin” atau magis, satuan-satuan pengamanan. Peranan tersebut bagi masyarakat memiliki signifikansi yang tinggi. Namun demikian, saat ini peranan para jawara dalam sosial, ekonomi dan politik dalam kehidupan masyarakat Banten sangat menentukan. Tentunya, demikian ini mengalami peningkatan peranan yang signifikan dibandingkan dengan peranan masa-masa lalu dalam sejarah kehidupan masyarakat Banten, sehingga dapat menentukan masa depan kesejarahan masyarakatnya

Pada masa Orde Baru jawara dijadikan alat oleh Golkar sebagai satuan pengamanannya di Banten dan sebagai alat politik untuk merekrut anggota. Bahkan, ketua umumnya sendiri dijadikan pengurus partai politik tersebut. Namun, perubahan politik yang besar yang terjadi di negeri ini pasca reformasi, juga ikut merubah pandangan politiknya. Mereka sekarang nampaknya ingin bersifat lebih netral, dengan tidak berafiliasi pada partai tertentu. Oleh karena itu, apabila ada tawaran-tawaran untuk menjaga keamanan atau membantu polisi, mereka lebih terbuka dan menerima tawaran tersebut tanpa lagi melihat afiliasi politik.


Perubahan sosial yang cukup besar yang terjadi pada rakyat Banten telah merubah persepsi masyarakat tentang peran-peran jawara. Bahkan, sebagian masyarakat ada yang menginginkan istilah jawara dihilangkan, sehingga citra budaya “kekerasan” yang selama ini melekat terhadap masyarakat Banten bisa dihilangkan. Meskipun demikian, peran-peran sosial dan politik yang dimainkan oleh orang-orang yang selama ini dikenal “jawara” saat ini sangat besar di wilayah Banten. Para tokoh jawara, yang kini menamakan dirinya pendekar, menduduki sektor-sektor penting dalam bidang ekonomi, sosial dan politik di Banten. [21]


yakni perubahan nama dari “jawara” ke “pendekar.” Secara substantsial nampaknya belum banyak berubah, bahkan budaya tersebut justru digunakan oleh sekelompok orang untuk meraih kepentingan-kepentingan ekonomi dan politik.

Sumber: sahabatsilat.com

7 komentar:

Anonymous said...

saya pikir, istilah jawara atau pendekar, tidak mesti dihilangkan, karena merupakan merupakan warisan sejaran di banten. Yang mungkin dilakukan adalah mendidik masyarakat banten agar bisa beradaptasi dengan zaman yang global dan keterbukaan. Jadi walaupun dia pendekar atau jawara, tapi bisa memposisikan prilakunya dengan keaadan sekarang.

Sutrisno
Orang yang bangga terhadap kebudayaan Indonesia termasuk Banten. Lahir di Matenggeng, sebuah kecamatan yang terletak di perbatasan prop Jabar dan Jateng.
Sekarang tinggal di serang dan bekerja di salah satu universitas di Serang.

Roy on May 28, 2010 at 11:07 AM said...

iya benar mas trisno, yang perlu dilakukan adalah merubah citra jawara menjadi semacam organisasi pelindung dan barisan terdepan bagi masyarakat dan juga jangan sampai dijadikan alat politik yang memihak salah satu golongan..

Journalist Blog's on February 20, 2011 at 9:19 AM said...

Itu kan Menjadi Sebuah Kebanggaan Di Daerah Kita

Hafidcakra on May 3, 2011 at 7:48 PM said...

Salamlikum.
Kang..uning sejarahe nyimas carik gudang batu waringin kurung ?? Posting ya? Ok ditgggu konfirmasi nya. Nuhun

hafidcakra on May 3, 2011 at 7:53 PM said...

Salamlikum, kang. Uning sejarahe Nyimas Carik Gudang Batu wringin kurung? Posting ya?

Anonymous said...

setuju kang, serang dgn jawara/pendekarnya membentuk serang seperti skr dan byk nilai positif asal politik secukupnya (ckup paham aja) sbg kekuatan rakyat banten brsama para kyai menjaga karakter islami dlm segala jaman/masa.

Anonymous said...

Setujulah Kang...
itu bisa jadi identitas budaya Banten kan Banten terkenal sama ulama dan Jawaranya tapi harus ke arah yang positif keras disini bisa diartikan tegas bukan menggunakan kekerasan semena-mena.

 

Serang-Banten on Facebook

join to this group

Men Behind this Blog? find here

be my friend

Visitor

Labels

About me ahli hikmah banten ahli pelet ahli santet banten anak gunung krakatau asal muasal bahasa banten Asal Mula asal mula nama pandeglang asal usul banten babasan bahasa babasan. bahasa banten bahasa serang bahasa sunda banten BATU CINCIN KALIMAYA BATU KALIMAYA batu kalimaya asli. bioskop di serang bioskop jadul Budaya Banten carrefour cerita rakyat daftar smk di serang daftar smu di serang danau tasikardi debus dukun pelet dukun santet geh global issue golok banten golok ciomas golok ciomas banten golok jawara golok jawara banten golok keramat gunung gunung berapi gunung krakatau harga batu akik kalimaya harga batu cincin kalimaya ilmu kanuragan banten ilmu kebal ilmu kebal peluru ilmu pelet banten jadwal bioskop jadwal film bioskop cilegon jadwal film di 21 cilegon jadwal film di 21 karawaci jokes Journey karakteristik batu akik kalimaya karang hantu karangantu banten kawin kebal senjata tajam kebudayaan banten kemerdekaan keramat khasiat batu cincin kalimaya kisah ulama banten komunitas kramat kultur banten lokasi prawed lokasi prewed lokasi wisata marhaban marhabba musik islami olahraga pandeglang Pantai di Banten pasar kaget pasar lama pasar rau pasar tradisional pelabuhan karangantu pencak silat pendekar banten poligami priyayi pulau rakata Review riwayat ulama banten segaran sejarah sejarah bahasa banten sejarah banten sejarah pandeglang sejarah pasar Sekitar Serang seni beladiri banten serang banten situ tasikardi SMU / SMK sultan banten syair barzanji tasikardi tempat kuliner tempat nongkrong tempat pembuatan batu kalimaya Tempat Wisata tempat wisata di serang banten terumbu tukang pijit anak tukang pijit bayi tukang santet tukang urut anak tukang urut bayi tukang urut bayi serang banten Ulama banten wisata danau wisata gunung krakatau wisata kuliner Wisata Ziarah

Contact Me

untuk pemasangan iklan, review produk atau mengirimkan artikel, kirim email ke:

roy.thehasta@gmail.com

Followers

Serang-Banten Copyright © 2009 Blog2U by Nahro Automatic Door and Gate dhasta.com