Our social:

Macam Pondok Pesantren dan Daftar Pondok Pesantren di Banten

Macam Pondok Pesantren dan Daftar Alamat Pondok Pesantren Di banten.

Menurut Wikipedia Pondok Pesantren Adalah: Sebuah Institusi pendidikan tradisional dimana siswa tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang biasa disebut kyai atau ustad, yang memiliki asrama sebagai tempat tinggal para murid, tempat belajar dan juga tempat ibadah yang terpusat.
lebih kurang seperti itu menurut wikipedia yang sedikit di edit oleh saya sendiri.

Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia: Pesantren adalah asrama tempat santri atau tempat murid-murid belajar mengaji dsb.

Secara garis Besar Pesantren terbagi menjadi 2:

1. Pesantren Salafiyah / Pesantren Salaf

kesederhanaan pesantren salafi

 

Pesantren salafiah atau pesantren salaf adalah pesantren tradisional yang biasanya dikelola oleh para Kyai langsung, pengajarnya pun kyai tersebut atau keluarganya juga para orang terdekat dan dipercaya yang telah memiliki ilmu yang mumpuni sehingga hubungan kyai dan juga guru-guru di pesantren salafi ini cukup dekat secara emosional mungkin juga secara spiritual.
Pesantren Salafi identik dengan kitab kuning, atau kitab gundul, atau kitab kuna yaitu kitab yang tidak ada jabar jer (jereh wong serang meh) tidak ada harakat ataupun maknanya, sehingga kita harus belajar cara membaca dan memaknainya.
inilah istimewanya pesantren salafi, seorang murid harus mulai dari awal yaitu mempelajari ilmu alat (kitab-kitab rumus dan kitab tata bahasa, seperti nahwu, sorof, bahar, nadom, mantiq dll) agar murid tersebut bisa membaca, memaknai dan mengerti kitab kuning yang akan diajarkan.

kitab Kuning yang diajarkan di pesatren salafi mencakup beberapa disiplin ilmu, diantaranya: Tauhid, Fiqh, Aqidah, Ahlak (tassawuf), hadist, tafsir, muamalah bahkan ilmu siyasah (politik).

mengaji kitab kuning


Tiap Pesantren salaf memiliki karakteristik masing-masing, ada yang lebih menonjolkan ilmu fiqh, ada yang menonjolkan ilmu tafsir, ada yang menonjolkan ilmu tasawwuf dll meski setiap disiplin ilmu dipelajari disini.
Sistem belajarnyapun terbagi diantaranya: Balagan, Sorogan, Bandungan, wetonan, pasaran, dll

cara hidup santri salaf dilatih mandiri serta kolektif sesama teman sekamar ataupun satu pesantren terlihat dari cara mereka masak, yaitu masak sendiri secara bergantian dan makan bersama.




 


Berikut Diantara Alamat Pesantren Salafi di Serang Banten:

  • Ponpes Cidahu Pandeglang
Adalah Pondok pesantren yang didirikan oleh alm. Abuya Dimyati  yang merupakan salah satu ulama terkenal dan berpengaruh di Banten.
dan sekarang dikelola dan diteruskan oleh anaknya Abuya Muhtadi.

  • Ponpes Bani Ali Cikaduen, 
  • Ponpes Bani Rusydi Annawawi
  • Al-Iqtishad Cikedal
  • Jauharotun Naqiyah  
  • Pesantren Ki Ahmad Grujugan
  •  Pesantren Pelamunan
dan masih banyak lagi yang belum disebutkan ( Mohon komentar yang mempunyai info lengkap)



2. Pesantren Modern

Pesantren Modern kebalikan dari pesantren salafi, Pesantren moderen adalah pesantren yang dikelola secara modern yang mengikuti kurikulum pemerintah (terdapat pelajaran umum seperti matematika, bahasa, fisika dsb) meski lebih menitik beratkan pada sisi pelajaran agama.

Pengajarnya pun bervariasi bisa dari mana saja, bisa lulusan kulihan, bisa juga lulusan pesantren,  

dan tentu tidak ada (atau jarang atau kurang) kitab kuning diajarkan disini.
hubungan guru dan murid beda dengan pesantren salaf yang lebih dekat secara emosional (mungkin juga spiritual), di pesantren modern hubungan guru dan murid bersifat formal,

 Berikut diantara Pesantren Modern:
  • Assafiiyah
  • Assa'adah
  • Al Mubarok
  • Darunnajah
  • dar el Qolam
dsb (mohon ditambahkan bagi yang memiliki info)









oke sekian dulu ulasan dari saya..
monggo, los arep didokon ning ndi anak e tinggal pilih... 


Gambar dari berbagai sumber



Advertisment